Kesuksesan Inter Tidak Luput Dari Ajaran Ki Hajar Dewantara Yang Diterapkan Oleh Bek Inter

inijadwalbola.com – Pemain belakang Inter Milan, Joao Miranda sepertinya melakukan salah satu ajaran tokoh penting asal Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Ilmu itu dipelajari dan dilakukan saat dia memimpin tim Inter Milan sampai meraih sukses sampai sejauh ini.

Miranda musim 2017/18 ini tampil dengan sangat baik bersama dengan Inter Milan. Akhirnya ia pun sudah terlihat dari klasemen Serie A di giornata ke-15. Inter memposisikan kedudukannya di puncak klasemen dan sampai saat ini masih belum terkalahkan.

Ternyata kesuksesan ini tidak luput dari jasa Miranda sebagai salah satu pemain senior diklub Inter. Miranda memimpin dan membimbing Inter tidak hanya dengan banyak berteriak, tetapi dengan memberi contoh atau teladan,” tegas pemain yang berusia 33 tahun itu.

“Kami terus memberika bukti bahwa kami adalah tim yang kuat, tim yang hebat. Seorang pemimpin tidak perlu berteriak, tidak sekedar memberi perintah dan banyak bicara di lapangan, seorang pemimpin harus bisa memotivasi dan menyemangati tim dengan teladan diri kita sendiri,” kata Miranda.

Pernyataan Miranda ini seperti salah satu ajaran Ki Hajar Dewantara yang terkenal yaitu: Ing Ngarso Sung Tulodo yang artinya di depan {pemimpin} memberi teladan. Seorang pemimpin tidak perlu banyak bicara tapi memberi contoh.

Tapi, sulit untuk memperkirakan bahwa ternyata Miranda benar-benar mempelajari ajaran Ki Hajar. Tapi, bisa saja keduanya mempunyai prinsip yang sama dalam hal ini.

Apapun itu, saat ini Miranda sedang menikmati dan merasakan masa-masa yang indah dengan Inter. Mantan pemain Atletico Madrid ini pun mengakui bahwa dia sangat senang dengan pencapaiannya sampai saat ini. “Kami merasa begitu banyak perasaan gembira,” tutup Miranda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *